Selamat Datang

Selamat Datang di BLOG MWC NU Kesugihan Cilacap

Jumat, 14 Desember 2012

Sikap Kemasyarakatan Nahlatul Ulama


Dalam pendekatan dakwahnya NU lebih banyak mengikuti dakwah model wali songo ,yaitu menyesuaikan dengan budaya masyarakat setempat dan tidak mengandalkan kekerasan.Budaya yang berasal dari suatu daerah ketika islam belum dating-bila tidak bertentangan dengan agama akan yerus dikembangkan dan di lestarikan.Sementara budaya yang jelas bertentangan ditinggalkan.

Karna identiknya gaaya dakwah ala walisongo itu,nama walisongo itu melekat erat dalam jam’iyah \NU dan dimasukkan ke dalam bentuk bintang Sembilan dalam lambing NU.
Sebutan bintang Sembilanpun identik dengan Nahdlatul Ulama.

Secara garis besar,pendekatan kaemasayarakatan NU dapat dikategorikan menjadi tiga bagian:

1.Tawassuth dan I’tidal,yaitu sikap moderat yang berpijak pada prinsip keadilan serta berusaha menghindari segala bentuk pendekatan dengan tatharruf (ekstrim).

2.Tasamuh,yaitu sikap toleran yang berintikan penghargaan terhadap perbedaan   pandangan dan kemajemukan identitas budaya masyarakat.

3.Tawazun,yaitu sikap seimbang dalam berhidmat demi terciptanya keserasian hubungan antara sesama umat manusia dan antara manusia dengan Alloh Swt.

Karena prinsip dakwahnya yang model walisongo itu,NU dikenal sebagai pelopor kelompok Islam moderat.Kehadirannya bias diterima semua kelompok mastarakat bahkan sering berperan sebagai perekat bangsa.

0 komentar:

Posting Komentar