Selamat Datang

Selamat Datang di BLOG MWC NU Kesugihan Cilacap

Rabu, 23 Januari 2013

Kurikulum 2013 Harus Selaras dengan Karakter Madrasah



Jakarta, NU Online
Kurikulum 2013 yang akan diterbitkan Kemendikbud RI dituntut menyesuaikan dengan karakter lokal lembaga pendidikan di Indonesia, termasuk belasan ribu madrasah berbasis pesntren atau sesuai nilai-nilai perjuangan NU.

Pesan ini mengemuka dalam Rapat Kerja Nasional Lembaga Pendidikan Ma’arif NU di Wisma Syahida Inn, Kampus II UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Rabu (23/1) pagi, pada sesi pembacaan butir rekomendasi untuk pemerintah.

“Pelaksanaan kebijakan Kemendikbud RI di lingkungan madrasah harus disesuaikan dengan karakteristik madrasah,” demikian bunyi rekomendasi seperti dibacakan ketua komisi rekomendasi H Abdul Ghofarrozin.

Untuk merealisasikan komitmen ini, forum Rakernas mendesak Kemendikbud untuk melibatkan LP Ma’arif NU dan lembaga lain yang berkepentingan dalam sosialisasi dan pelaksanaan Kurikulum 2013. Pengurus Pusat LP Ma’arif NU akan menyiapkan sumber daya manusia dalam rangka kegiatan ini.

LP Ma’arif NU dalam kesempatan ini mengusulkan Kemendikbud dapat menambah jam pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di tingkat SMP dan SMA dari 2 jam menjadi 4 jam. Selain muatan lokal, memasukkan pendidikan sadar lingkungan dan pendidikan tanggap bencana dalam kurikulum 2013.

Rakernas yang berlangsung sejak Senin kemarin ini juga menyerukan kepada madrasah milik LP Ma’arif NU di seluruh Indonesia untuk memasukkan nilai-nilai pendidikan yang ada di masyarakat, seperti nilai-nilai kepesantrenan, kearifan lokal, dan tradisi ketimuran lainnya dalam kurikulum 2013.

Redaktur : Hamzah Sahal
Penulis    : Mahbib Khoiron

0 komentar:

Posting Komentar