Selamat Datang

Selamat Datang di BLOG MWC NU Kesugihan Cilacap

Sabtu, 08 Desember 2012

LP Maarif Wilayah Jombang Siap Tingkatkan Mutu Pendidikan

Lembaga Pendidikan (LP) Maarif NU Jombang siap meningkatkan mutu pendidikan di Jombang, terutama di lingkungan Nahdlatul Ulama Jombang adalah memperkuat satuan-satuan pendidikan (madrasah/sekolah) melalui peningkatan atau pengembangan kelembagaan LP Maarif, pengembangan kurikulum, peningkatan kualitas siswa/siswi dan melakukan upaya perubahan kebijakan.
Demikian hasil Rapat Kerja LP Maarif NU Jombang yang diadakan pada di MI Al Hanafiah Wringinpitu Mojowarno Jombang, Rabu (5/12).

Hadir dalam acara tersebut antara lain seluruh Pengurus Cabang LP Maarif NU Jombang, Pengurus MWC LP Maarif se Jombang dan, beberapa perwakilan madrasah/ sekolah. Tampak hadir juga Ketua PCNU Jombang, DR KH Isrofil Amar, Kepala Kemenag Jombang, H Barozi, Kasi Mepanda sekaligus Pembina LP Maarif NU Jombang, H Taufiq Djalil.


Upaya peningkatan kelembagaan LP Maarif, menurut ketua LP Maarif NU Jombang, H Salmanudin, dilakukan dengan mengembangkan sistem informasi dan dokumentasi, meningkatkan pelayanan keadaministrasian bagi madrasah/sekolah dan meningkatkan upaya pendampingan bagi madrasah/sekolah.

Sedangkan pengembangan kurikulum dilakukan dengan melakukan penyusunan Kurikulum (KTSP) yang berbasis Aswaja. Penyusunan ini ditindak lanjuti dengan sosialisasi dan pelaksanaan. Review bisa dilakukan setelah pelaksanaan telah dilakukan pada tahun pertama perjalanan program.

Penyusunan kurikulum ini secara praktis bisa memberikan pembelajaran, tidak hanya kepada siswa-siswi tetapi juga sebagai bahan pembelajaran bagi seluruh pihak yang terlibat dalam pendidikan, termasuk LP Maarif sendiri.

Peningkatan kualitas siswa-siswi dilaksanakan dengan melakukan kegiatan-kegiatan bersama yang difasilitasi oleh LP Maarif NU. Kegiatan-kegiatan tersebut berupa kegiatan peningkatan ketrampilan, atau peningkatan kemampuan kognitif

Yang terakhir, melakukan upaya perubahan kebijakan dilakukan dengan melakukan kegiatan-kegiatan pertemuan dalam upaya melakukan perubahan kebijakan yang tidak sesuai dengan kebutuhan pendidikan di LP Maarif, termasuk dalam hal ini kebijakan tentang Ujian Nasional.

0 komentar:

Posting Komentar